9 Makanan Khas Malang Paling Enak Yang Bisa Anda Coba

9 Makanan Khas Malang Paling Enak Yang Bisa Anda Coba

Bundaratna.com - Malang adalah sebuah kota di provinsi Jawa Timur yang berudara sejuk. Kota ini merupakan daerah tujuan wisata di Jawa Timur. Banyak tempat-tempat wisata alam, mulai dari pegunungan hingga daerah pantai. Karena daerahnya yang sejuk, Malang juga cocok sebagai daerah pengembangan pertanian. Di Kota Batu, kabupaten Malang, terdapat tempat wisata perkebunan. Di tempat tersebut terdapat beberapa area perkebunan buah dan sayur, sekaligus terdapat kios yang menjual makanan olahan dari perkebunan tersebut. Di samping kekayaan alamnya, Malang juga memiliki warisan kuliner khas, sama seperti daerah lain. Berikut ini adalah beberapa masakan khas Malang yang harus Anda coba:

9 Masakan Khas Malang Paling Enak Yang Bisa Anda Coba


1. Bakwan Malang
Masakan yang satu ini tentu telah dikenal oleh banyak orang di berbagai daerah. Dalam satu mangkuk sajian bakwan Malang terdapat makanan berupa bakso urat dan bakso halus, siomay, tahu bakso, dan gorengan. Mengapa disebut bakwan Malang dan bukan bakso Malang? Karena sebenarnya inti dari sajian ini adalah bakwan/gorengannya. Dalam satu sajian, biasanya jumlah bakwannya lebih banyak dari baksonya. Ketika disajikan, gorengan yang telah dipotong-potong di mangkuk akan disiram kuah kaldu. Gorengan ini berupa bakso goreng dan bakso yang dibungkus kulit pangsit ada yang dibentuk memanjang dan ada yang dibentuk seperti bunga. Soal rasa, sama halnya dengan bakso pada umumnya, dilengkapi kuah kaldu yang lezat dengan taburan seledri dan bawang. Gorengan yang telah dipotong-potong akan sedikit lunak terkena kuah kaldu, sehingga menambah gurihnya rasa bakwan Malang.

2. Cwie Mi Malang
Cwie mi ini hampir sama dengan mi ayam, namun yang khas dari cwie mi adalah mienya kenyal dan berbumbu, berbeda dengan mi ayam yang bumbunya terletak pada ayamnya. Daging ayam yang digunakan tidak berbumbu kecap layaknya mi ayam, melainkan lebih pucat dan dicincang halus. Cwie mi disajikan bersama mentimun segar, bawang goreng, daun selada segar, dan acar. Untuk mi nya, cwie mi dibuat dari mi pangsit basah, bukan dari mi kering seperti mi ayam pada umumnya. Ketika makan cwie mi, kita akan mendapatkan sensasi makan mi yang segar, tidak berlemak, dan gurih. Biasanya, di restoran cwie mi juga tersedia pelengkap yang lain, salah satunya adalah udang rambutan. Udang rambutan adalah bola-bola udang yang dibungkus kulit pangsit yang telah digunting panjang dan tipis, kemudian digoreng. Di kota Malang ada satu merek cwie mi yang menawarkan tampilan unik, yakni disajikan di atas mangkuk yang terbuat dari kerupuk sejenis kulit pangsit.

3. Keripik Tempe
Tempe yang dibuat di daerah Malang memiliki ciri khas tersendiri dan rasanya lebih enak. Proses pembuatan tempe Malang lebih lama dan melalui proses masak dua kali. Beberapa daerah di Jawa Timur bagian timur sudah umum mengenal tempe Malang sebagai tempe khas yang rasanya enak, tidak tengik. Keripik tempe juga menjadi oleh-oleh khas dari Malang. Rasanya gurih dan renyah, tipis dan tidak keras. Daerah penghasil keripik tempe yang terkenal di Malang yakni daerah Sanan.

4. Keripik buah
Oleh-oleh yang cukup terkenal dari Malang adalah keripik buah. Buah-buahan asli diolah hingga menjadi keripik. Rasanya manis gurih, khas buah-buahan yang digunakan. Buah yang diolah menjadi keripik biasanya apel, nangka, leci, salak, mangga, kelengkeng, buah naga, nanas, dan lain-lain. Hampir semua jenis buah dan umbi, bahkan jamur, diolah menjadi keripik. Dikemas dalam bungkus alumunium dan tertutup rapat membuat keripik ini bisa awet dalam waktu yang lama untuk dijual ke berbagai daerah.

5. Sari Apel
Kota Malang dan kota Batu dikenal sebagai daerah penghasil apel. Apel khas yang buahnya kecil dan berwarna hijau. Selain diolah menjadi keripik, apel juga bisa dijadikan minuman untuk diambil sarinya. Untuk membuat minuman ini, buah-buah apel yang baik kualitasnya direbus hingga mengeluarkan air. Air rebusannya ditambahkan gula, kemudian ampasnya dibuang. Minuman ini biasanya dikemas di gelas-gelas kecil kemudian disegel. Sari apel memiliki rasa yang manis, segar, dan sedikit asam. Enak sekali. Berbeda dengan jus apel kemasan seperti yang dijual di supermarket. Selain sebagai minuman penghilang dahaga, sari apel diyakini memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh.

6. Orem-orem
Orem-orem adalah masakan ketupat dengan kecambah yang disiram sayur santan berisi tempe. Biasanya disajikan dengan tambahan kecap dan sambal. Selain itu juga disediakan tambahan seperti kerupuk dan aneka gorengan. Orem-orem biasanya dimasak di atas arang.

7. Tempe menjes
Tempe menjes atau “menjes” saja, dibuat dari ampas tahu yang difermentasikan, sama halnya dengan teknik pembuatan tempe. Karena terbuat dari ampas tahu, tekstur menjes lembut dan empuk. Menjes ini biasanya digoreng dengan balutan tepung dan diberi bumbu seperti kunyit, bawang putih, kemiri, dan ketumbar. Menjes harus diolah dengan dibalut tepung, karena sifatnya yang sangat menyerap minyak. Walaupun nikmat, menjes memiliki nilai gizi yang rendah karena terbuat dari ampas.

8. Tempe mendol
Tempe mendol merupakan salah satu jenis masakan khas tradisionalMalang yang terbuat dari bahan dasar tempe yang telah dihancurkan, lalu dibumbui kembali sehingga membuat rasanya semakin gurih. tempe mendol ini juga sangat cocok jika dijadikan camilan atau lauk makan. Mendol adalah nama lain dari perkedel, sehingga makanan ini juga bisa disebut dengan perkedel tempe. seperti diketahui Mendol sangat jarang ditemukan di daerah lain, kecuali di berbagau daerah di sekitar Jawa Timur. Jika kalian mampir ke sebuah kios nasi pecel di Malang, biasanya bakal melihat tempe mendol sebagai pilihan lauknya. dengan teksture yang empuk, mendol sangat digemari oleh anak-anak hingga orang tua.

9. Bakso bakar
Di kota Malang juga terdapat jajanan khas selain cilok, yakni bakso bakar. Bahannya hanya bakso yang ditusuk dengan bambu kemudian dibakar di atas arang, biasanya dioles dengan bumbu dan kecap. Rasanya yang lezat membuat jajanan ini sangat digemari. Bakso bakar yang terkenal, terdapat di daerah pasar besar kota Malang.

Itulah beberapa masakan khas Malang yang harus Anda coba saat berkunjung ke Malang. Menikmati sejuknya udara Malang ditemani kuliner yang lezat akan menjadikan liburan Anda menyenangkan. Salam arema!