7 Macam Makanan Khas Bali Yang Paling Diburu Para Wisatawan

7 Macam Makanan Khas Bali Yang Paling Diburu Para Wisatawan

Bundaratna.com - Makanan khas Bali merupakan pelengkap dari kunjungan wisatawan. Dengan kata lain, berwisata di Bali tidak akan lengkap jika tidak mencicipi kuliner asli tempat tersebut.

Berbagai sajian menu masakan khas dari pulau Bali ini akan mudah Anda temukan. Sayangnya, Anda mungkin belum tahu mengenai menu yang pas dan cocok untuk dinikmati selama berada di Bali.

Pada ulasan kali ini, berbagai jenis kuliner khas Bali akan dibeberkan supaya Anda tidak lagi bingung mau pilih menu apa. Yang pasti, kuliner di Bali yang akan ditunjukkan disini digemari oleh kebanyakan wisatawan yang datang.

Nah, daripada penasaran tentang apa saja makanan khas Bali yang menggugah selera bersantap. Maka langsung saja periksa kesemuanya diulasan berikut ini.

Nasi Jinggo Bali

Nasi Jinggo
Diurutan teratas, Anda akan diajak untuk mengetahui kuliner enak nasi jinggo. Nasi ini bakal mengenyangkan perut, sekaligus memberikan kepuasan dalam bersantap di Bali.

Untuk harganya terbilang sangat murah, cukup 4 ribu rupiah saja perbungkusnya. Jadi, pas sekali bagi Anda yang ingin lebih berhemat selama berkunjung di pulau dewata ini.

Apa yang membedakan nasi jinggo dengan nasi bungkus lainnya ? jawabannya tentu saja berasal dari pembungkusnya. Nasi ini dibungkus dengan daun pisang yang masih segar, porsinya lebih kecil.

Nasi bungkus jinggo ini tidak sekedar nasi biasa, nasi ini juga dilengkapi dengan lauk pauk yang sudah lengkap. Lauk pauk tersebut antara lain sambal tempe goreng, serundeng dan juga suwiran ayam. Pastinya cocok untuk dinikmati disuasana indahnya Bali.

Lawar Bali

Lawar
Merupakan satu makanan khas Bali yang memadu madankan sayuran dan dading. Rasanya enak dan menggugah selera. Apalagi jika disantap dengan teman-teman, tentu akan menambah nikmatnya berkuliner ria di Bali.

Sekilas tidak ada bedanya dengan jenis kuliner lainnya, tapi jangan dianggap seperti itu juga. Pasalnya, kuliner lawar ini memanglah spesial yang hanya bisa Anda temukan sesaat berkunjung di pulau dewata ini.

Kuliner ini dibuat dari sejumlah sayuran yang direbus sampai matang, kemudian dicampurkan dengan parutan kelapa yang telah dipanggang. Selain itu, kuliner ini dilengkapi pula dengan daging yang telah dibumbui.

Makanan khas Bali ini menggunakan daging ayam, itik, sapai, bahkan juga daging babi. Sementara untuk sayurannya biasanya adalah daun jarak, pepaya muda, kacang-kacangan, dan lain sebagainya.

Campuran sayuran dan daging ini disajikan pada sebuah mangkok yang khas. Membuatnya tampil menarik yang dibarengi dengan rasanya yang super lezat. Oleh karenanya, tidak salah lagi jika para wisatawan banyak sekali yang memburunya.

Serombotan bali

Serombotan
Jenis makanan khas Bali yang ketiga ini adalah Serombotan. Kebanyakan wisatawan akan lebih mudah menemukannya di Kabupaten Klungkung Bali. Kabupaten inilah yang menjadi tempat dimana serombotan berasal.

Seperti apa sih serombotan ini ? Kuliner ini masih sama menggunakan bahan baku sayur-sayuran yang kemudian diguyur dengan santan

Sayuran yang digunakan adalah sayur buah botor atau yang biasa disebut dengan paku. Selain itu, ada pula sayuran seperti tauge, kubis yang kesemuanya dimasak setengah matang. Sayuran tersebut dibumbui dengan resep yang membuat serombotan tambah nikmat.

Ayam Betutu bali

Ayam Betutu
Ayam betutu ini salah satu kuliner yang diistimewakan di Bali. Pada umumnya, makanan khas ini digunakan setiap kali ada upacara adat di Pulau Dewata. Bisa diasumsikan sendiri jika ayam betutu memanglah satu jenis makanan yang lebih istimewa.

Meskipun terkadang digunakan di upacara-upacara, namun Anda juga bisa menemukan jenis kuliner ini. Pasalnya kuliner tersebut juga diperjual belikan di warung-warung atau di hotel. Jadi, Anda akan lebih mudah untuk memperoleh dan menikmati makanan khas Bali yang satu ini.

Bubur Mengguh bali

Bubur Mengguh
Komplit, ini adalah kata yang cocok untuk menggambarkan Bubur Mengguh ini. Betapa tidak, bubur ini berisikan nasi dan lauk yang memang dibuat untuk satu paket lengkap.

Bubur mengguh bukan sekedar bubur, dibuat dengan beras pilihan dan dimasak dengan santan. Tentunya bubur ini akan terasa lebih harum dan terasa lebih enak di mulut.

Setelah proses memasak selesai, bubur ini kemudian disiram dengan kuah ayam yang kental. Kemudian untuk proses penyajiannya, bubur mengguh ini ditaburi dengan suwiran daging ayam, dan juga urap sayur yang disajikan secara terpisah dengan bubur tadi.

Nah, untuk rasa bubur ini agak pedas. Cocok sekali bagi Anda yang memang suka dengan makanan pedas dan komplit.

Tum Ayam bali

Tum Ayam
Dari namanya saja, Anda sudah tahu jika bahan dasarnya adalah ayam. Ayam disini dimasak dengan cara dikukus sampai benar-benar matang dan berbau harum.

Namun sebelum proses pengukusan ini, ayam disini dicincang-cincang menjadi bagian-bagian kecil, kemudian dibumbui dengan rempah-rempah. Setelah semuanya selesai, ayam tadi kemudian dibungkus dengan daun pisang, baru kemudian dikukus sampai matang.

Timbungan bali

Timbungan
Makanan khas Bali yang mungkin belum pernah Anda konsumsi selama ini adalah timbungan. Timbungan ini sendiri merupakan sebuah sajian makanan yang enak, walaupun pada dasarnya makanan ini merupakan makanan yang diawetkan.

Maksud dari diawetkan disini adalah makanan tersebut disimpan berulang-ulang agar tidak mudah basi. Jika saat ini Anda melihat sarden, maka di Bali Anda akan menemukan yang namanya timbungan.

Bedanya makanan khas ini disimpan dalam sepotong bambu yang sudah dipotong-potong per ruasnya. Normalnya, di tiap paginya bambu-bambu berisikan makanan ini akan didekatkan degan perapian.

Nah, itulah 8 jenis makanan khas Bali yang banyak dicari oleh para wisatawan. Rasanya enak, dan mengenyangkan. Yang pasti, Anda juga akan berselera ketika dihadapkan pada seporsi makanan lezat tersebut.