6 Makanan Khas Surabaya Yang Mendunia

6 Makanan Khas Surabaya Yang Mendunia

Bundaratna.com - Bicara masalah makanan khas Surabaya sangatlah banyak berfareasi dan sangatlah enak-enak tentunya, tetapi dari berbagai macam jenisnya itu ternyata tercatat ada 6 makanan yang tentunya harus untuk Anda coba. Berkunjung ke Kota Pahlawan ini maka tidak akan lengkap jika tanpa mencobai kuliner khas di tempat tersebut. Kota terbesar di Jawa Timur ini ternyata banyak memiliki beragam rupa hidangan unik dan tentunya akan membuat lidah Anda bergoyang karena begitu enaknya makanan tersebut.

6 Makanan Khas Surabaya Yang Mendunia

Selain itu juga makanan-makanan tersebut bisa dikatakan sudah sangat dikenal sampai ke luar wilayah Surabaya sekalipun, bahkan banyak yang sudah dipasarkan ke luar negeri. Tentunya dengan berbagai banyaknya makanan khas tersebut bisa Anda jadikan referensi ketika Anda suatu saat berada di ikota pahlawan tersebut. Apalagi bagi Anda pecinta kuliner, maka makanan-makanan-makanan ini bisa dijadikan referensi untuk Anda.

Dengan penduduknya surabaya yang sangat terbilang sangat banyak, dan juga wilayah ini sudah bisa disebut sebagai kota metropolis membuat banyak makanan khas Surabaya yang dihasilkan di tempat ini, selain itu juga makanan-makanan tersebut sudah terkenal hingga keluar daerah. Makanya jika Anda berkunjung ke Surabaya jangan sampai melewatkan untuk mencicipi makanan tersebut. Berikut merupakan 6 makanan lezat khas Surabaya yang sangat terkenal dan memiliki cita rasa yang tinggi pula.

Lontong Balap
Kalau Anda bukan berasal dari Surabaya memang namanya terbilang agak aneh, tetapi jangan dilihat dari namanya tetapi rasakan makanannya. Makanan ini merupakan makanan yang sudah sangat terkenal dikalangan pelancong yang mendatangi Surabaya, kebanyakan setelah pada nyampe di Surabaya rata-rata langsung mencari makanan ini untuk dijadikan menu makanannya. Bahkan karena kepopulerannya sering di jadikan sebagai ikon kuliner kota Surabaya. Yang membedakan lontong ini dengan lontong lainnya adalah dalam hal isiannya. Lontong balap memiliki isi yang bisa dibilang sangatlah lengkap. Isi tambahan dari lontong ini biasanya ada tahu goring, lentho, dan tauge. Biasanya juga ditambah dengan sate kerang. Dan yang pasti meskipun sangat lengkap isinya tetapi harganya bisa dibilang merakyat.

Rujak cingur
Rujak sebenarnya adalah salah satu makanan yang hampir ada di seluruh daerah di Indonesia, khusunya di pulau Jawa. Kalau rujak di daerah lain umumnya berisi buah-buahan dan ada bumbu rujaknya, tetapi beda dengan rujak cingur, rujak ini berbahan dasar seperti rujak kebanyakan yaitu ada mentimun, mangga muda, nanas, dan bengkoang. Selain itu yang membedakan rujak cingur adalah kombinasi bahan lainnya, biasanya rujak cingur juga ditambah dengan sayur- mayuran seperti kangkung, kacang panjang, kecambah dan tahu, tempe, serta menjes atau mendoan. Makanan ini disajikan dengan saus yang dibuat dari bahan bumbu kacang, petis, udang dan pisang klutuk yang dihidangkan bersamaan dengan lontong. Rujak cingur sangatlah cocok disajikan sebagai tempat Anda diwaktu makan siang.

Sate Klopo
Klopo kok dijadikan sate, aneh bukan. Tetapi bukan itu maksudnya. Sate klopo ini juga merupakan makanan khas Surabaya lainnya yang wajib anda coba jika berlibur ke kota Surabaya. Yang menjadikan makanan ini berbeda dengan sate lainnya adalah sate klopo dibuat dari sate biasa yang kemudian dilumuri dengan bumbu kelapa yang diparut atau dalam bahasa Jawa disebut dengan klopo. Biasanya sate ini disajikan dengan lontong atau nasi dengan bumbu kacang kemudian ditambah dengan serundeng. Biasanya juga ada tambahan lainnya seperti sate ayam, lemak, otot, udang, usus, sumsum, dan daging sapi.

Tahu Tek
Makanan yang satu ini berbahan dasar tahu yang dipotong menjadi bebentuk kotak kecil-kecil lalu digoreng. Tahu ini biasanya disajikan dengan gorengan kentang, kecambah dan juga ada ketimun yang dipotong berukuran kecil-kecil dan panjang seperti bentuk acar. Setelah jadi semuanya lalu dilumuri dengan saus yang berwanan gelap yang dibuat dari ulekan kacang tanah yang dicampur dengan petis, cabe dan juga bawang putih. Selain itu juga hidangan ini ditaburi dengan kerupuk udang dan bawang puwang goring. Makanan ini dinamakan tahu tek karena diambil dari cara penjualannya, para penjualnya dalam memasarkan dagangannya biasanya dengan menggunakan grobak dengan kentongan bamboo yang berbunyai tek, tek, tek. Untuk mendapat sensasi kenikmatannya maka Anda konsumsi makanan ini pada malam hari.

Pecel Semanggi
Makanan khas Surabaya yang tidak kalah lezatnya jika dibandingkan dengan makanan jenis lain adalah pecel semanggi. Bahan dasar dari pecel ini berbeda dengan pecel lainnya, karena pecel ini dibuat dari daun semanggi yang dikukus kemudian ditaburi dengan sambal pecel. Tetapi kalau nberbicara soal rasa pecel semanggi ini sangatlah enak. Untuk masalah bumbu pecelnya sebenarnya ada kemiripan dengan bumbu-bumbu pecel yang ada di daerah-daerah lainnya. Makanan ini biasanya disajikan dengan menggunakan wadah yang terbuat dari daun pisang.

Sate Kol
Kol merupakan hewan mirip dengan kerang tetapi hidupnya di sawah dengan ukurannya yang lebih besar. Sate kol ini sangatlah nikmat untuk Anda cicipi. Sate kol ini menggunakan bumbu kecap atau bumbu merah. Harga dari sate ini pun sangatlah murah, jadi selain nikmat harganya juga sangat terjangkau.

Nah, itulah beberapa kuliner khas Surabaya yang patut untuk Anda coba ketika berkunjung ke kota terbesar kedua di Pulau Jawa ini. Makanan yang siap untuk menggoyang lidah Anda, dengan sensasi masakan asli Surabaya. Maka dari itu jika ada kesempatan untuk berkunjung ke Surabaya jangan lupa untuk memburu makanan khas Surabaya.