Cara Membersihkan Kerak di Wajan

Cara Membersihkan Kerak di Wajan

Bundaratna.com - Cara Membersihkan Kerak di Wajan - Membersihkan kerak wajan memang membuat bunda merasa sangat kesal dan marah. apalagi kerak wajan yang susah sekali dihilangkan. buat bunda yang saat ini masih kesulitan mengilangkan kerak di wajan, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa bunda lakukan agar wajan yang bunda miliki bisa tetap bersih dan awet. 

Cara Membersihkan Kerak di Wajan
Cara Membersihkan Kerak di Wajan

Untuk membersihkan kerak di wajan, Anda dapat menggunakan beberapa langkah berikut:

Cara Pertama:

  1. Gunakan sikat atau spons yang kering untuk menghilangkan sebagian besar kerak yang ada di wajan.
  2. Tuangkan sedikit minyak goreng di atas wajan, lalu gosokkan perlahan-lahan dengan sikat atau spons yang sudah Anda gunakan sebelumnya. Ini akan membantu mencairkan dan mengeluarkan kerak yang masih melekat di wajan.
  3. Setelah itu, bilas wajan dengan air bersih dan sabun, lalu lap hingga kering. Jika masih terdapat kerak yang tersisa, ulangi langkah kedua dan ketiga sampai kerak tersebut hilang.
  4. Untuk menjaga agar wajan tetap bersih dan bebas dari kerak, sebaiknya Anda menggunakan wajan setiap kali Anda memasak, dan membersihkannya setelah Anda selesai memasak. 
  5. Jangan biarkan wajan kering setelah Anda selesai memasak, karena hal ini dapat menyebabkan kerak mengering dan menempel di wajan. 
  6. Selain itu, jangan gunakan pembersih yang terlalu keras atau abrasif, karena dapat merusak permukaan wajan.
Cara Kedua : 
  1. Buat campuran dari air dan baking soda. Aplikasikan campuran tersebut ke bagian kerak yang ada di wajan, kemudian biarkan selama beberapa menit.
  2. Gunakan sikat yang terbuat dari kulit kayu atau sikat khusus untuk membersihkan wajan. Gosok perlahan-lahan kerak yang ada di wajan hingga bersih. 
  3. Jika kerak masih terlihat, Anda dapat menambahkan sedikit cuka ke dalam campuran air dan baking soda tersebut. Aplikasikan ke wajan, lalu gosok perlahan-lahan hingga kerak terangkat.
  4. Setelah kerak terangkat, bilas wajan dengan air bersih hingga benar-benar bersih.
  5. Kemudian keringkan wajan dengan lap bersih atau menggunakan hairdryer untuk mempercepat proses pengeringan. Pastikan wajan benar-benar kering sebelum menggunakannya kembali.
Cara Ketiga:
  1. Bersihkan wajan dengan air bersih dan sabun cuci piring. Gunakan sikat atau spons yang lembut untuk menghilangkan sisa makanan atau kotoran yang menempel di permukaan wajan.
  2. Bersihkan bagian dalam wajan dengan campuran air dan baking soda. Campurkan 1 sendok teh baking soda dengan 1 liter air, lalu usapkan ke bagian dalam wajan menggunakan sikat atau spons yang lembut.
  3. Cuci wajan dengan air bersih, lalu keringkan dengan menggunakan kain lap atau tissue. Pastikan wajan sudah benar-benar kering sebelum digunakan kembali.
  4. Jika masih ada kerak yang sulit dibersihkan, Anda bisa menggunakan campuran air dan vinegar. Campurkan 1 sendok teh vinegar dengan 1 liter air, lalu usapkan ke bagian wajan yang terdapat kerak. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih.
  5. Jika kerak masih tetap ada, Anda bisa menggunakan bahan kimia seperti pembersih wajan atau pembersih tungau. Baca terlebih dahulu petunjuk penggunaan pada kemasan, lalu ikuti instruksi yang tertera. Bersihkan wajan sesuai dengan cara yang dianjurkan oleh produsen.